Peduli Lingkungan, Kodim 0102 / Pidie bersama Polres Pidie Tanam 5000 Magrove di Lueng Sungai Gampong Sukon Simpang Tiga

Tribratanewspolrespidie.id /

Sigli – Sebagai wujud sinergitas TNI – Polri dan Pemerintah bersama masyarakat melakukan penanaman bibit pohon Mangrove di kawasan pesisir pantai tepatnya di lueng sungai Gampong Sukon Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie, Senin (15/05/2023).

Kegiatan penanaman pohon mangrove tersebut turut dihadiri oleh Pj. Bupati Pidie Ir. Wahyudi Adisiwanto M.SI, Dandim 0102/ Pidie Letkol Inf Abdul Jamal Husin, M. Han, Kapolres Pidie AKBP Imam Asfali, SIK, Kajari Kab. Pidie Gembong Priyanto, SH, M.Hum, Ketua DPRK Pidie Mahfuddin Ismail, S.Pdi. MAP, Personel Kodim 0102/Pidie, Personel Polres Pidie, Personel Polsek dan Koramil Simpang Tiga, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama di Kecamatan Simpang Tiga dan Kota Sigli, Komunitas Pecinta Alam/ Lingkungan, para mahasiswa / Mapala dan Pramuka Kabupaten Pidie serta para tamu dan undangan lainnya.

Sebanyak 5.000 bibit pohon mangrove di tanam bersama sama dalam kegiatan penanaman pohon mangrove tersebut di lueng sungai Gampong Sukon Kecamatan Simpang Tiga Pidie.

Kapolres Pidie AKBP Imam Asfali, SIK mengatakan bahwa Polres Pidie bersama Kodim 0102/Pidie melaksanakan kegiatan Sinergitas TNI – Polri dengan bersama sama menanam bibit pohon mangrove di lueng sungai Gampong Sukon Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie.

Lebih lanjut Kapolres Pidie AKBP Imam Asfali, SIK menambahkan hutan mangrove menjadi sumber daya alam yang sudah jelas bisa menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat.

“Dengan harapan, kegiatan ini dapat mengembalikan fungsi dan manfaat hutan mangrove baik secara fisik, ekologi, hingga nilai ekonomis bagi warga sekitar,” ucapnya.

Selain itu, manfaat hutan mangrove juga akan membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang nyaman, hingga mencegah bencana alam.

Lanjut AKBP Imam Asfali, SIK, oleh sebab itu, penanaman pohon mangrove sangat penting sebagai penjaga pantai dari abrasi dan juga manfaat hutan mangrove untuk mencegah naiknya air laut ke daratan, mencegah erosi, hingga abrasi pantai.

Pelestarian mangrove diperlukan untuk menjaga keberlangsungan ekosistem laut, selain itu dengan adanya hutan mangrove dapat mencegah terjadinya bencana saat ada gelombang pasang air laut.

Dengan adanya kegiatan penanaman mangrove ini masyarakat diharapkan ikut serta dalam menjaga ekosistem mangrove di kawasan pesisir pantai, kata Kapolres Pidie AKBP Imam Asfali, SIK.

About Indra Humas

Check Also

Sat Lantas Polres Pidie Tegur Pengemudi Kenderaan Bak Terbuka Yang Angkut Penumpang

Tribratanewspolrespidie.id / Sigli – Satuan Lalu lintas Polres Pidie bersama Personel Gabungan Ops Ketupat Seulawah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: MAAF, ARTIKEL INI DILINDUNGI ADMIN !!!