Polres Pidie Melaksanakan Rapat Koordinasi Dengan Dinas Pertanian Terkait Pencegahan dan Penanganan Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

Tribratanewspolrespidie.id |

Telah dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi dengan  Dinas Pertanian Kab. Pidie di ruang Kasat Reskrim Polres Pidie yang di Pimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pidie Iptu Muhammad Rizal, S.E.,S.H.,M.H. Rabu, 18/05/2022.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut antaranya Kasat Reskrim Polres Pidie Iptu Muhammad Rizal, S.E.,S.H.,M.H, Kadis Pertanian Kab. Pidie Hasballah, S.p, Sekdis Pertanian Kab. Pidie Drh. Muslizar, Kanit Idik III Tipidkor Satreskrim Polres Pidie Aipda Edi Gunawan, S.H dan Anggota Unit Idik IV Satreskrim Polres Pidie.

Kegiatan Rakor dilakukan berupa pembahsan untuk melakukan pencegahan dan penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sehubungan dengan Surat Gubernur Aceh Nomor :524.3/6755 tanggal 07 Mei 2022 tentang Status Provinsi Aceh Terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang merupakan wabah penyakit penular dan telah terjadi di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang Prov Aceh.

Adapun Kegiatan Rakor dilaksanakan dengan tujuan untuk Menentukan Langkah – langkah strategis pencegahan dan penaganan PMK antaranya, melaksanakan sosialisasi baik berupa himbauan, spanduk dan melalui memei, meminta kepada Dinas terkait tingkat Provonsi agar meyediakan stok obat dll guna penanganan strategis apabila penyakit tersebut terjadi di wilaya Pidie.

Bila memungkinkan dan didukung anggaran akan dilaksanakan Vaksinasi terhadap Hewan untuk upaya pencegahan agar tidak menular PMK, antisipasi lalulintas pertenakan, karena apabila satu kendaraan yang sudah pernah menganggkut hewan yang sudah terkena PMK dia akan menular ke hewan yang lain apabila di angkut dengan menggunakan kendaraan tersebut jika tidak di bersihkan sebelumnya.

Antisipasi penjualan hewan sapi dan kerbau murah dari wilayah yang sudah terjangkit apalagi kedepan momen hari raya kurban, antisipasi pihak yang ingin mencari keuntungan lebih. Pihak Dinas Pertanian bersedia membuat spanduk atau baliho pemberitahuan tentang PMK agar di ketahui oleh masyarakat khususnya masyarakat Kab. Pidie yang rencananya akan di pasangkan spanduk himbauan tersebut di pasar hewan seperti Mutiara dan Padang Tiji.

About indrahumas

Check Also

Jumat Curhat, Kapolsek Delima duduk bareng dengan Petani

Tribratanewspolrespidie. Id / Sigli – Kegiatan Jumat Curhat terus dilakukan Polsek Jajaran Polres Pidie, dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: MAAF, ARTIKEL INI DILINDUNGI ADMIN !!!