Polres Pidie Bekuk lagi Komplotan Pencuri Lembu dengan Mobil Rental

Tribratanewspolrespidie.id |

Sat Reskrim Polres Pidie, Selasa (04/05/2021) dinihari, kembali menggagalkan upaya komplotan pencuri lembu dengan menggunakan mobil rental Daihatsu Xenia. Upaya itu berlangsung secara dramatis, ketika hamba hukum dan komplotan maling terlibat kejar kejaran di jalan raya lintas kecamatan, dan sempat mengeluarkan rentetan tembakan menjelang waktu sahur itu.

Kapolres Pidie AKBP Zulhir Destrian SIK MH melalui Kasat Reskrim Polres Pidie AKP Ferdian Chandra SSos MH menjelaskan, mengakui insiden penangkapan tersebut. Dikatakan, tim yang terlibat dalam penangkapan itu adalah Opsnal Sat Reskrim dan Opsnal Sat Intelkam Polres Pidie. “Mereka bergerak sejenak menerima laporan adanya pergerakan mobil yang mencurigakan. Saat penangkapan terjadi kejar kejaran di jalan lintas kecamatan, hingga mobil kompotan terhenti karena menabrak tiang listrik,” kata AKP Ferdian Chandra.

Komplotan ini terhitung unik dan spesialis pencuri lembu dengan mobil rental. Mereka umumnya berasal dari lintas gampong, dan sebagian malah adalah wiraswasta di Beureunun dan sekitarnya. Saat menggeledah mobil itu, polisi mendapatkan satu ekor lembu, pisau panjang dan tali nilon sepanjang tiga meter. Kawanan itu menyasar lembu yang tidak dikandangkan oleh pemiliknya. Dalam penggerebekan itu, satu dari anggota komplotan, Saryunis (24) warga Gampong Luengdama Kecamatan Delima Pidie, berhasil ditangkap setelah beberapa jam kemudian. Sementara empat orang iannya kini masuk DPO Polres Pidie.

Dari hasil penyidikan, pelaku yang berjumlah 5 (lima) orang merental mobil untuk melakukan pencurian kemudian para pelaku mencari target hewan ternak yang berkeliaran dan tidak dimasukkan ke kandang oleh pemiliknya, saat menemukan target dan situasi sepi para pelaku langsung melancarkan aksi pencurian dengan mengambil lembu yang sudah ditarget dengan cara menangkap kaki belakang lembu dan pelaku yang lain yang berjumlah 4 (empat) orang langsung ikut serta memegang lembu tersebut dan langsung diangkat dimasukkan ke dalam mobil jenis minibus merk Daihatsu Xenia dan diletakkan di bagian bawah bangku tengah mobil minibus dan badan lembu ditindih oleh para pelaku agar lembu tersebut tidak melawan, selanjutnya salah seorang pelaku yang tetap stand by di dalam mobil sebagai sopir langsung menacap gas melarikan mobil membawa hewan ternak lembu yang berhasil mereka curi tersebut.

Namun sekira pukul 01.00 Wib tim Opsnal Sat Reskrim Polres Pidie bersama tim Opsnal Sat Intelkam Polres Pidie mendapatkan informasi bahwa ada 1 (satu) unit mobil jenis Daihatsu Xenia warna silver BL 1435 PG yang mencurigakan di daerah Kec. Titeu – Keumala, selanjutnya tim Opsnal tersebut langsung bergerak mengikuti dan mengintai pergerakan mobil yang mencurigakan tersebut, hingga terjadi penangkapan usai kejar kejaran dan diwarnai tembakan peringatan.

Pelaku lari ke arah persawahan Gp. Langgo Kec. Pidie Kab. Pidie, belakangan terungkap pelaku Saryuni tertidur  di sawah dan paginya sekira pukul 08.00 Wib  keluar dari persembunyian dan masuk kedalam sebuah bale dayah pinggir persawahan gampong Langgo Kec. Pidie Kab. Pidie untuk membersihkan badannya. Saat itulah polisi langung menciduk Saryunis. Sementara empat teman lainnya belum tertangkap dan masuk DPO Polisi.

Selanjutnya seorang pelaku yang berhasil ditangkap bersama dengan barang bukti 1 (satu) unit mobil Daihatsu Xenia warna silver BL 1435 PG dan seekor lembu tersebut dibawa ke Polres Pidie untuk kemudian diserahkan ke penyidik di kantor Sat Reskrim Polres Pidie guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan disita barang bukti. Mereka yang masuk DPO adalah, FZ (30), wiraswara Beureunun. RK (24) Wiraswata Gampong Blang Paseh Pidie, BO (38) wiraswasta Gampong Keumala. BG (38) wiraswasta Pidie.

About indrahumas

Check Also

Pengecekan Warga Yang Isolasi Mandiri, Positif Terpapar Corona

Tribratanewspolrespidie.id | Minggu 20 Juni 2021 sekira pukul 10.00 wib, Personil Polsek Tangse melaksanakan pengecekan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: MAAF, ARTIKEL INI DILINDUNGI ADMIN !!!