Polres Pidie dan Batalyon A Sat Brimob Polda Aceh Gelar Simulasi Sispamkota, Jelang Pemilu 2024

Tribratanewspolrespidie.id /
Sigli – Personel Polres Pidie dan Personel Pelopor Batalyon A Sat Brimob Polda Aceh melaksanakan latihan bersama dalam kegiatan simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota) Ops Mantap Brata Seulawah 2023-2024 di lapangan Batalyon A Sat Brimob Polda Aceh – Seulawah Kabupaten Aceh Besar, Kamis sore (12/10/2023)

Kapolres Pidie AKBP Imam Asfali, SIK mengatakan, simulasi Sispamkota ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas pada tahapan Pemilu 2024.

“Simulasi ini menggambarkan kesiapan personel beserta sarana dan prasarana, manakala terjadi situasi kontijensi agar dapat segera diantisipasi secara bersinergi dengan cepat dan tepat,” ungkap Kapolres Pidie.

AKBP Imam Asfali, SIK menyebutkan dalam simulasi sispamkota ini digambarkan situasi kontijensi yang diasumsikan penanganan dan pengamanan beberapa kejadian yaitu seperti penanganan sewaktu masa menolak salah satu calon kepala daerah yang melakukan kampanye, perusakan alat peraga kampanye, unjuk rasa di TPS, masa salah satu Partai melakukan unjuk rasa baik di kantor KIP maupun di gedung DPRK karena tidak menerima kekalahan.

Rangkaian adegan diperagakan penanganan situasi oleh tim negosiator, penggunaan personel dalmas awal, pengaturan arus lalulintas, eskalasi massa meningkat ditambah dengan aksi anarkis, peragaan dalmas lanjut dan penggunaan kendaraan taktis Armored Water Cannon (AWC), mengamankan provokator aksi unras, pembubaran massa oleh Tim Raimas, ditutup dengan evakuasi korban oleh tim medis Dokkes Pidie

Kapolres Pidie AKBP Imam Asfali, SIK mengucapkan terima kasih kepada semua personel yang terlibat dalam kegiatan simulasi ini. Dan berharap agar situasi di Kabupaten Piide selama Pemilu tahun 2024 tetap aman dan kondusif.

Dalan kesempatan itu, Kabag Ops Polres Pidie AKP H.G Tanjung, SH menyebutkan bahwa kegiatan simulasi ini, melibatkan ratusan personel Polres Pidie dan personel Pelapor Batalyon A Sat Brimob Polda Aceh.

Lanjutnya, tujuan dari Simulasi Sispamkota ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personel Polri dalam menjaga keamanan serta kelancaran penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 di wilayah hukum Polres Pidie.

About Indra Humas

Check Also

Sat Lantas Polres Pidie Tegur Pengemudi Kenderaan Bak Terbuka Yang Angkut Penumpang

Tribratanewspolrespidie.id / Sigli – Satuan Lalu lintas Polres Pidie bersama Personel Gabungan Ops Ketupat Seulawah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: MAAF, ARTIKEL INI DILINDUNGI ADMIN !!!