BHABINKAMTIBMAS POLSEK DELIMA SERTA BABINSA KORAMIL 03 DELIMA MELAKSANAKAN SOSIALISASI TENTANG PENGUNAAN OBAT SIRUP

Tribratanewspolespidie.id /

Sabtu, 22 Oktober 2022, bertempat di Depot Obat Tasa Farmasi Kec. Delima Gp. Neulop Kec. Delima Kab. Pidie, Bhabinkamtibmas Polsek Delima dan Babinsa Koramil 03 Delima melaksanakan giat Sosialisasi serta memberi Himbauan kepada pemilik depot agar tidak memperjual belikan Sementara waktu obat – obatan yang berbentuk cair / Sirup, sesuai yang tertuang dalam Surat Edaran KEMENKES RI Nomor : SR. 01.05 / III / 3461 / 2022 ttg kewajiban penyelidikan Epidemiologi dan pelaporan kasus gangguan ginjal akut Atipikal pada anak, SE tersebut juga berdasarkan data Ikatan Dokter anak Indonesia ( IDAI ) bahwa terdapat 192 kasus gangguan ginjal akut misterius di 20 Provinsi hingga 18 Oktober 2022.

Adapun beberapa jenis Obat sirup yanh sudah di tarik izin peredarannya oleh BPOM RI adalah antara lain, Termorex Sirup ( obat demam ), Flurin DMP sirup ( obat batuk dan flu ), Unibebi crough sirup ( obat batuk dan flu ), Unibebi demam sirup ( obat demam ), danUnibebi demam drops ( obat demam ).

Adapun ke 5 jenis obat sirup tersebut di duga mengandung Cemaran Etilen Glikol dan Dietilen Glikol berlebih ( melampaui ambang batas ) yang diduga dapat memicu gagal ginjal akut pada anak.

Langkah – langkah yang terlaksana, memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak mengkonsumsi serta tidak memberikan kepada anak anak sementara waktu Obat obatan yang berbentuk cair / sirup, terutama sekali beberapa jenis obat sirup yg dilarang oleh Pemerintah / di tarik izin peredarannya sementara oleh BPOM RI karena diduga dapat memicu gagal ginjal akut pada anak. Menghimbau kepada masyarakat untuk berkonsultasi dan dengan pihak Kesehatan jika mengalami sakit guna mendapatkan alternatif obat pengganti obat sirup yang sekarang tidak boleh di konsumsi.

About indrahumas

Check Also

Hut ke-72 Korps Sabhara, Satuan Samapta Polres Pidie Bagikan Sembako Kepada Warga Kurang Mampu

Tribratanewspolrespidie.id / Sigli – Memperingati HUT Korps Sabhara Baharkam Polri Ke-72 Tahun 2024, Satuan Samapta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: MAAF, ARTIKEL INI DILINDUNGI ADMIN !!!