Kapolres Pidie Hadiri Rapat PPKM Berbasis Mikro dan Vaksinasi Covid-19 di Kab. Pidie Yang Diselenggarakan Oleh Satgas Penanganan Covid-19 Pidie

Tribratanewspolrespidie.id |

Pada hari Selasa tanggal 22 Juni 2021, pukul 10.30 Wib , bertempat di Pidie Aula Covention Center (PCC) Kab. Pidie, telah di laksanakan Kegiatan Rapat Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan Vaksinasi Covid-19 di Kab. Pidie.

Dalam kegiatan tersebut yang dihadiri oleh Wakil Bupati Pidie T. Fadhullah TM Daud, ST, Kapolres Pidie AKBP Zulhir Destrian S.I.K. M.H, Dandim 0102 Pidie LETKOL Arh Teungku Soni Sonatha,S.E, MIP, Kajari Kab. Pidie Gembong Priyanto SH. M.Hum dan Wakil Ketua DPRK Kab. Pidie Fadhli A Hamid S.E, seluruh Frokopimda Kab. Pidie, para PJU Polres Pidie, dan para Muspika Kec. Kab. Pidie.

Wakil Bupati Pidie T. Fadhullah TM Daud, ST, memberikan penjelasan, banyak dari pihak Camat yang sering bertanya kepada saya terkait apakah ada anggaran tambahan untuk kegiatan Vaksinasi, berdasarkan hasil rapat kami dengan menteri keuangan, bahwa BOK pada Tiap-tiap Puskesmas akan di tambah, Prioritas anggarab tahun ini yaitu untuk mensukseskan kegiatan Vaksin, maka sudah beberapa kali di adakan rekofusing anggaran daerah.

“Terima kasih kepada kecamatan-kecamatan yang sudah aktif menghimbau dan mengajak masyarakat untuk melakukan Vaksinasi. Untuk saat ini pemerintah belum menggunakan cara paksa terhadap masyarakat, di karenakan masyarakat kita masih bisa di ajak dengan cara yang baik-baik”. sebut Wakil Bupati.

Untuk ASN di Kab. Pidie wajib melakukan Vaksinasi, di karenakan ini merupakan program pemerintah Nasional, maka oleh karna itu kita seluruh ASN Kab. Pidie wajib mendukung program pemerintah. Kuncinya pada saat ini yaitu kedisiplinan, bagaimana cara kita menciptakan kedisiplinan di tengah masyarakat kita saat ini, yaitu dengan memberikan contoh, kita harus memulai dengan menerapkan kedisiplinan pada diri kita sendiri terlebih dahulu. Tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Pidie AKBP Zulhir Destrian, S.I.K, M.H juga menerangkan, Kami dari Pihak Kepolisian juga selalu mendatakan kasus Covid-19, untuk sekarang kasus pasien sembuh sudah meningkat, walaupun masyarakat yang terpapar juga setiap hari selalu bertambah. Saya harapkan agar kepedulian Forkopimcam terkait pengawasan, pengecekkan, dan menghimbau masyarakat di Kecamatannya di karenakan tugas dan fungsi Posko PPKM di bentuk bukan hanya untuk mendatakan saja.

Apabila nanti memang ada masyarakat yang terpapar dan tidak mau melakukan isolasi mandiri segera laporkan kepada pihak pengamanan, bila perlu nanti kita akan paksa orang tersebut, untuk kepentingan orang banyak, tidak usah takut di karenakan kita punya payung hukum yang jelas. Untuk stok vaksin kita tidak ada masalah, dan juga saya sangat berterima kasih kepada semua yang berperan dalam pelaksanaan Vaksinasi di tiap-tiap Kecamatan di karenakan sudah banyak peningkatan terhadap kegiatan Vaksinasi pada masyarakat di tiap-tiap kecamatan Kab. Pidie, Sebut AKBP Zulhir.

“Untuk kegiatan Vaksinasi sudah sangat jelas semua peraturan tentang kegiatan Vaksinasi, yaitu  Pilpres no 14 tahun 2021. Ini saya sampaikan agar jangan ada keragu-raguan. Lebih dari 5 masyarakat yang terapapar Covid-19 di dalam sebuah Desa/gampong maka desa tersebut akan di lakukan LockDown. Intinya saya berterima kasih kepada Forkopimcam dan Kepala Puskesmas di tiap-tiap Kecamatan yang sudah bekerja keras menghimbau dan mengajak masyarkat dalam penerapan Prokes dan menekan meningkatnya penyebaran Covid-19. Penyerahan Apresiasi kepada 3 kecamatan terbanyak dalam pelaksanaan Vaksinasi yaitu Kec. Simpang Tiga, Kec. Glp. Tiga dan Kec. Mila. Tutup Kapolres Pidie.”

Dandim 0102 Pidie juga memberikan arahan berupa Masih kurangnya kegiatan PPKM mikro, yang mungkin menurut saya di sebabkan oleh kurangnya fasilitas yang ada. Mungkin hal tersebut di sebab kan oleh masih banyak anggaran yang belum bisa di tarik. Terkait data, kita juga masih bermasalah di dalam data di karenakan masih tidaknya kecocokan data yang kita miliki baik dari masing-masing instansi di Kab. Pidie, maupun dengan data Provinsi.

Kita harapkan sesuai dengan program pemerintah terkait vaksin, agar bisa memberikan Vaksin minimal 70% terhadap masyarkat sehingga  dapat mencegah penyebaran Covid-19, Permasalahan kita dalam mengatasi Covid-19 saat ini adalah, masih kurangnya kesadaran masyarakat kita untuk mengikuti kebijakan yang telah di tetapkan oleh pemerintah, dan itu merupakan tantangan kita bagaimana bisa mendisiplinkan masyarkat. Beberapa minggu lagi kita juga akan melaksanakan peringatan Hari raya Idul fitri, agar kita bisa bersama-sama mencegah peningkatan yang signifikan seperti yang terjadi di hari raya Idul Fitri. Mari sama-sama kita bekerja dalam pencegahan penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kab. Pidie. Jelas Dandim 0102 Pidie.

Kajari Pidie juga memberikan arahan antaranya, selama saya mengikuti rapat terkait penanganan Covid-19 hanya selalu membahas trend peningkatan kasus, dan sangat jarang membahas bagaimana cara untuk mengatasi penyebaran.  Saya sangat mengapresiasi pihak Polri, TNI dan Tim dalam kegiatan penerapan prokes kepada Masyarakat, Sekarang menurut pandangan saya, krumunan tidak hanya ada di Warung kopi maupun Cafe, akan tetapi dalam pelaksanaan kegiatan ibadah kesadaran masyarakat kita juga masih kurang dalam penerapan Prokes.

“Saya harapkan agar pada rapat pada hari ini kita dapat membahas bagaimana cara dan tindakan kita dalam penekanan penyebaran Covid-19 di Kab. Pidie. Terkait vaksinasi, saya dapatkan informasi di lapangan bahwa masyarakat ada yang di berikan uang saku agar bersedia di Vaksin. Saya harapakan agar kita tidak terlalu boros dalam penggunaan anggaran apalagi menggunakan anggaran yang nantinya tidak dapat kita pertanggung jawabkan. Saya harapkan pada hari ini kita tidak hanya membahas laporan dan jumlah kasus saja, akan tetapi juga membahas bagaimana solusinya dalam permasalahan yang kita hadapi bersama saat ini. Jelas Kajari Pidie.”

“Wakil Ketua DPRK Pidie juga menjelaskan, Perkembangan saat ini sudah sangat meningkatnya antusias masyarakat, dilihat pada saat kegiatan Vaksinasi massal sangat banyak masyarakat yang bersedia dan bahkan meminta untuk di Vaksin. Kami dari pihak DPK Pidie juga sangat mendukung Vaksinasi ini, walaupun ada person dari anggota DPRK Pidie yang masih Kontra dengan Vaksinasi, akan tetapi secara lembaga kami dari DPRK Pidie sangat mendukung Vaksinasi. Permasalahan yang sekarang juga ada di tengah masyarakat adalah masih banyak masyarakat yang masih tidak senang dan keras kepala. terangnya”

About indrahumas

Check Also

Vaksinasi Booster Terus Meningkat di Kec. Kota Sigli Kab. Pidie

Tribratanewspolrespidie.id / Mayarakat Kab. Pidie Lanjut Vaksinasi Booster, pelaksanaan vaksinasi2 dan booster masih dipenuhi warga. …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: MAAF, ARTIKEL INI DILINDUNGI ADMIN !!!