Siaga Tangani Karhutla, Polres Pidie Gelar Simulasi Penanggulangan Karhutla

Tribratanewspolrespidie.id |

Dalam kegiatan Apel dan simulasi tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pidie AKBP Zulhir Destrian, S.I.K, M.H, yang dihadiri oleh Dandim 0102/pidie, seluruh Forkopimda Kab. Pidie, PJU Polres Pidie, Personil Polres Pidie, TNI Kodim 0102/pidie, Satpol PP, dan seluruh Personil Intansi terkait Kab. Pidie.

Dalam amanat Kapolres Pidie AKBP Zulhir Destrian, S.I.K, M.H, mengatakan, pelaksanaan apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan Personil dan perlengkapan dalam rangka penanganan Karhutla di wilayah Kab. Pidie, hal ini juga kita lakukan sebagai tindak lanjut dari hasil rapat Koordinasi Nasional/Rakornas pengendalian kebakaran hutan dan lahan tahun 2021 yang digelar di Istana Negara Jakarta, Senin 22/02/2021.

Simulasi tersebut dilakukan dengan beberapa skenario sederhana, mulai dari terpantaunya titik api hingga pemadaman. “Kita bisa tahu adanya titik api yang terpantau melalui aplikasi Lancang Kuning. Setelah mendapat titik koordinat, langsung kita hubungi Personel terdekat dengan lokasi hotspot, dalam hal ini adalah Bhabinkamtibmas, untuk melakukan pemadaman bersama Babinsa dan Lurah atau Kepala Kampung setempat,” kata Imbau Kapolres Pidie.

Bhabinkamtibmas juga dibekali R2 yang telah dimodifikasi khusus untuk menjangkau lokasi yang tidak dapat dijangkau oleh kendaraan yang ada. “Apabila api semakin membesar dan tidak dapat dipadamkan oleh Personel pemadam, maka Personil tersbut dengan sigap dengan menggunakan R4 yang telah dimodifikasi untuk membantu melakukan pemadaman,” lanjutnya.

Dengan simulasi tersebut juga diperlengkapi mobil Mobil D Cabin Sabhara Polres Pidie yang sudah dimodifikasi dengan tangki air, serfa mobil pemadam kebakaran Kab. Pidie untuk antisipasi terjadinya Karhutla yang ada di Wilayah Kab. Pidie.

About Indra Humas

Check Also

Penuh Keakraban, Kapolres Pidie Gelar Open House dan Halal Bihalal

Tribratanewspolrespidie.id / Sigli – Usai melaksanakan kegiatan salat Idul fitri bersama Forkopimda dan Masyarakat di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: MAAF, ARTIKEL INI DILINDUNGI ADMIN !!!