Rapat Koordinasi Penanggulangan Karhutla di Kab. Pidie dilaksanakan oleh Polres Pidie

Tribratanewspolrespidie.id |

Di tengah Pandemi Covid-19 Polres Pidie menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terlaksana di Gedung Wira Satya Polres Pidie. Rabu, 03/03/2021.

Rapat Koordinasi Penanggulangan Karhutla di Kab. Pidie dihadiri oleh Bupati Pidie Roni Ahmad, S.E, Kapolres Pidie AKBP Zulhir Destrian, S.I.K, M.H, Dandim 0102/Pidie, PJU Polres Pidie, Kepala BPBD Pidie dan seluruh Frokopimda Kab. Pidie.

Pertama kalinya Kata Sambutan sekaligus membuka Rapat Koordinasi Karhutla Kapolres Pidie AKBP Zulhir Destrian, S.I.K, M.H menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menindak lanjuti instruksi Presiden Jokowi kepada setiap daerah rawan Karhutla, untuk memanfaatkan teknologi dalam mencegah karhutla yang biasa terjadi tiap musim kemarau. “diperlukan koordinasi, sinergitas serta kerja sama yang baik dari semua pihak untuk menangani Karhutla dengan menggunakan teknologi saat ini” Kata Kapolres.

Dandim 0102/pidie Letkol Arh Tengku Sony Sonatha, SE, MIP juga menyampaikan, kesadaran masyarakat menjadi salah satu kunci untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, terutama yang tinggal di sekitar daerah perkebunan dan hutan. Masih banyak dari masyarakat kita yang masih menggunakan cara-cara primitif dalam bercocok tanam. Dengan hal itu TNI Koramil jajaran melalui Babinsa yang tersebar di setiap Desa bersama pihak Bhabinkamtibmas serta pihak perusahaan dan tokoh masyarakat dapat menjadi alat kontrol dan penyambung informasi kepada masyarakatnya tentang upaya mencegah terjadinya Karhutla di wilayah masing-masing.

Sementara itu kebijakan Bupati Pidie Roni Ahmad, S.E turut mengimbau kerja sama semua pihak dalam penanganan karhutla. “Selain disebabkan oleh faktor alam, menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebagian besar penyebab kebakaran hutan dan lahan terjadi akibat ulah manusia. Dengan kata lain, karhutla dapat kita hindari dengan bergerak secara kolektif dan memiliki kepedulian serta pengetahuan mengenai penanganan karhutla. Kita semua bisa memulai dari hal sederhana namun bermanfaat untuk menekan potensi kebakaran hutan dan lahan,” jelas Bupati Pidie.

Kabagops Polres Pidie AKP Iswahyudi, S.H, Kepala BNPB, dan Kepala Dinas Kebakaran Pidie juga memberikan paparan tentang Penanganan Karhutla di wilayah Kab. Pidie, Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan apabila kebakaran hutan itu disebabkan oleh faktor kesengajaan, agar dilanjutkan dengan memberikan tindakan secara hukum yang berlaku.

About indrahumas

Check Also

Guna Antisipasi Guantibmas dan Penertiban Pokes Mencegah Covid-19

Tribratanewspolrespidie.id | Personil Polsek Pidie melaksanakan Patroli malam Antisipasi Guantibmas dan Penertiban Penindakan Prokes Mencegah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: MAAF, ARTIKEL INI DILINDUNGI ADMIN !!!