SOSIALISASI SUB PEKAN IMUNISASI NASIONAL (PIN ) POLIO ORAL DI AULA PUSKESMAS MUTIARA KECAMATAN MUTIARA TIMUR KAB. PIDIE

Tribratanewspolrespidie.id /

Jum’at, 25 November 2022 telah dilaksanakan kegiatan Rapat koordinasi pencanangan imunisasi polio 28 Nov 2022 dalam rangka Sosialisasi SUB pekan imunisasi Nasional ( PIN ) Polio Oral bertempat di Aula Puskesmas Mutiara Timur kec Mutiara Timur Kab Pidie.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh LK 30 orang, diantaranya Camat Mutiara Timur Marzuki, SH.MM, Danramil 24 Mutiara Timur Kapten Inf Ibrahim, Kapolsek Mutiara Timur Iptu Erwinsyah putra, SH, Kapus Mutiara Timur Dr. NoraAsrida, Para Keuchik Wilayah kerja Puskesmas Mutiara Kec. Mutiara Timur

Paparan dari Kapus Mutiara Timur, Penyebab virus polio dapat terjadi melalui kontak langsung dengan tinja penderita polio,atau melalui konsumsi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi virus polio.

Virus ini juga dapat menyebabkan percikan air liur ketika penderita batuk dan bersih, namun proses ini jarang terjadi. Virus polio ini dapat menjangkit siapa saja Tampa batas usia,terutama orng orng yang belum mendapatkan vaksin polio. Studi kasus menunjukkan sebagian besar penderita polio adalah balita, terutama yang belum menjelani imunisasi polio.

Penyakit Polio sangat berbahaya bagi anak karena menyebabkan kelumpuhan dan tidak ada obatnya, namun mudah dicegah dengan imunisasi polio lengkap dan imunisasi rutin. Pencegahan juga dilakukan dengan melakukan perilaku hidup bersih dan sehat seperti BAB di jamban yang sesuai standar, cuci tangan pakai sabun dan menggunakan air matang untuk makan dan minum.

Arahan dari Camat Mutiara Timur, Kasus ini sudah sangat serius, butuh kepedulian kita semua karena sudah jadi sorotan dunia karena hanya Pidie yang mengalami, mudah mudahan kita semua tergugah mengajak masyarakat untuk sadar di imunisasi lewat injeksi, benar benar di laksanakan.

Kita menghimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk segera melengkapi imunisasi rutin bagi anak-anak sesuai jadwal, dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Begitu juga dengan Arahan dari Kapolsek Mutiara, Kegiatan ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Kami dari Polsek Mutiara Timur siap mendukung tugas ini, mari belajar dari penanganan Covid yang lalu, harus terlebih dahulu sosialisasi. Untuk  dapat menghindari Hoaks. Mari kita bekerja sama agar  teratasi dengan baik.

Danramil 24 Mutiara Timur juga menjelaskan, Langkah langkah yanh dilakukan harus cepat dan efektip agar tidak menular pada yang lain. Faktor lingkungan, termasuk sanitasi yang sehat, tidak menutup kemungkinan masih ada penderita yang lain, maka harus di data dengan pasti.

About indrahumas

Check Also

Kapolres Pidie Dengar Curhatan Warga Pemilik Lahan Waduk Rukoh Dalam Pertemuan Bertajuk Jumat Curhat

Tribratanewspolrespidie. Id / Sigli – Polres Pidie hadir di tengah masyarakat melalui program Jumat Curhat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: MAAF, ARTIKEL INI DILINDUNGI ADMIN !!!